Senin, 26 Mei 2014

Leafie

Judul: Leafie
Penulis: Hwang Sun-mi
Penerjemah: Dwita Rizki Nientyas
Penerbit: Qanita
Jumlah Halaman: 224
Cetakan: I, 2013
ISBN: 9786029225754

Leafie, pada awalnya hanyalah ayam betina petelur. Tugasnya hanya menghasilkan telur yang akan diambil oleh peternak yang memilikinya. Tapi naluri keibuannya, mengatakan bahwa dia harus mengerami telur dan menjadi ibu sejati. Sayangnya keadaan tak memungkinkan. Sehingga pada suatu saat sang peternak mengira dia sakit karen atak menghasilkan telur lagi. 

Leafie kemudian dibuang ke tempat ayam-ayam sekarat dan mati. Dan di sana ia diburu oleh musang. Hanya karena seorang bebek liar, bernama Pengelana, yang ikut tinggal di rumah halaman lah, di sisi luar peternakan, ia bisa lolos. Namun Leafie ditolak oleh penghuni rumah halaman.

Kehidupan di luar sebenarnya bisa dinikmati Leafie, dan suatu saat dia menemukan telur yang bisa ia erami. Berbahagialah ia, dan ketia ia mengerami telur itu sampai menetasnya, ada sebuah petualangan yang menantinya bersama makhluk pengisi telur itu.


Leafie, bagi saya mengajarkan sebuah nilai moral akan pentingnya nilai persahabatan dan kasih sayang. Meski menggunakan media fabel sebagai bahan ceritanya, isinya memang bisa dibilang agak dewasa. Karena penulis menceritakan kisah tentang kejamnya dunia. Ya, anak-anak bisa membaca buku ini, apalagi di bagian akhir, penulis memberikan pesan untuk anak-anak yang membaca buku ini. Tapi memang perlu tambahan bimbingan dari orang yang lebih dewasa.

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik dan berwarna, menjadikan cerita yang menarik menjadi lebih berkesan. Terjemahannya juga enak diikuti. Dan dengan kisah yang mengandung nilai yang cukup edukatif, buku ini sangat bagus, bagi saya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar