Jumat, 09 Januari 2015

Chocolat

Judul: Chocolat
Penulis: Joanne Harris
Penerjemah: Ibnu Setiawan
Penerbit: Bentang Psutaka
Jumlah Halaman: 374
Cetakan: 2, April 2008
ISBN: 9789791227131

Apa sih rasa asli coklat? Pahit bukan? Seperti hidup. Pahit tapi menyenangkan. Seperti kisah hidup Vianne Rocher, tokoh utama dalam novel ini.Kedatangannya di desa Lansquenet-sous-Tannes, dan membuka toko coklat, mendapat tentangan dari pastor gereja setempat, Francis Reynaud. Ditambah sifat warga kota setempat yang menentang kehadiran Vianne.

Namun Vianne tidak peduli. Dia menghidupkan toko coklatnya, La Celeste Praline, dan mulai menjalin persahabatan satu demi satu dengan warga setempat. Bahkan dengan manusia-manusia perahu, yang bagi warga Lansquenet dianggap sebagai manusia jahat. Dengan sikap persahabatan, Vianne bersama anaknya, Anouk, berhasil menciptakan keajaiban, bersama coklatnya.


Chocolat, merupakan kisah yang sangat epik bagi saya. Iya, saya suka. Sebuah kisah yang menyajikan cerita yang kompleks namun memiliki pendekatan kata-kata yang sederhana. Kisah desa Lansquenet, tak beda jauh dengan mungkin, kisah-kisah di sekitar kita. Banyak yang menilai apa yang dia lihat dari satu sisi saja. Tapi ada sisi lain yang kadang atau mungkin selalu kita tolak meski kita pahami kebenarannya. 

Membaca Chocolat, tak sekedar membuat saya menjadi semakin lapar (baca saja nama jenis coklat-colat yang dimuat di buku ini), tapi juga mengasyikkan dengan nilai-nilai yang ditulis di buku ini. Dan ya, mungkin saja buku ini akan sedikit membosankan. Tapi saya suka buku ini :)

2 komentar:

  1. Sempat baca sebagian ebook bahasa inggrisnya tapi menyerah. Sekarang lagi mencari versi terjemahan. Buku tenteng cokelat selalu bikin lapar^^

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada buku ini #kudet hehe

    BalasHapus