Selasa, 30 Juli 2013

Kisah Seekor Anjing

Judul: Kisah Seekor Anjing
Judul Asli: A Dog's Life
Penulis: Ann M. Martin
Penerjemah: Tanti Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Agustus 2006
Jumlah Halaman: 214
ISBN: 9792223053

Squirell, atau Daisy atau Addie, adalah seekor anjing jalanan petualang biasa. Namun kisah yang dipaparkan oleh Ann M. Martin dalam buku ini terasa mengasyikkan. Sebuah kisah mengharukan, sekaligus menakjubkan. Selama ini kita jarang atau tak pernah peduli bagaimana seekor binatang jalanan bisa hidup, padahal lingkungan di sekitarnya sangat keras.

Squirell dilahirkan di sebuah gudang tak terpakai, bersama saudara kembarnya, Bone. Ibunya hanya anjing liar yang berhasil mendapati tempat di kediaman Merrion. Bersama binatang-binatang lainnya, Squirrel, Bone dan snag ibu tinggal untuk berapa saat. Sampai Squirell dab Bone mendapat pelajaran hidup. Dan ditinggal oleh ibunya, tanpa jejak. Iya tanpa jejak, sampai Bone dan Squirell harus hidup sendiri, dengan berbekal sedikit ilmu dari ibunya.

Dan suatu hari, Bone dan Squirell memutuskan untuk berpindah tempat dari kediaman Merrion. Meski mereka berdua, diketahui oleh Matthias, anak kedua keluarga Merrion yang selalu memberikan makanan. Meninggalkan kenyamanan hidup, untuk tinggal dalam kerasnya hidup dan terjalnya jalan. Berdua, sampai mereka berpisah tak bertemu kembali. Bertemu berbagai manusia dengan karakteristiknya dan lingkungan liar yang berat untuk dihadapi.

Perjalanan Squirell dalam menempuh kerasnya hidup cukup menegangkan tetapi asyik diikuti. Meski minim kata-kata layaknya cerita fiksi biasa, bukan berarti cerita ini langsung membosankan. Banyak kejadian yang memiriskan hati, dan ada juga kisah kasih sayang manusia yang menyentuh hati. Semua tercampur dengan sangat manis, sampai buku ini mendapatkan award Newberry Honor, sebuah penghargaan yang prestise. Ditambah cover buku edisi Indonesianya yang cantik, serasa membaca buku yang eksklusif, cantik luar dalam.

4 komentar:

  1. aku suka banget banget buku ini, jadi pingin baca lagi dehh :D satu lagi yang bagus juga black beauty, sama mengharukannya tentang kisah kuda yang berjuang hidup...

    BalasHapus
  2. Wah belum pernah liat buku ini, sepertinya bagus. Aku suka sama kisah2 binatang, eh kasihan dink

    BalasHapus
  3. eh ini bukan buku bergambar ya ? seingatku buku anak-anak yang bergambar, jadi kapan hari batal mau beli...

    BalasHapus
  4. Ini ada ilustrasinya gitu ya mas? Terbitan lama ya? Mauuu deh >.<

    BalasHapus