Kamis, 11 Juli 2013

Alena

Judul: Alena
Penulis: Ifa Avianty
Penerbit: Mizania
Jumlah Halaman: 260
Cetakan: I, April 2009
ISBN: 9786028236027

Alena, seorang muslimah sukses dalam karir sudah lama hidup melajang. Pertemuan kembalinya dengan Haikal, teman dekatnya selama sekolah dulu, membuat mereka mengikrarkan janji untuk menjalin sebuah ikatan pernikahan. Namun, Haikal, calon anggota dewan terlalu sibuk dengan kegiatan kesehariannya, sampai Alena merasa dirinya tidak diperhatikan sama sekali oleh Haikal, yang justru perhatian itu dibutuhkan olehnya.

Bahkan ketika Alena berangkat naik haji, Haikal pun tak melepasnya dengan baik. Perjumpaan Alena dengan Khaidir yang merupakan pendamping haji rombongan Alena, membuat konsentrasi ibadah Alena terpecah. Kegalauan hati Alena, kecuekan Haikal dan ketampanan Khadir membuat perasaan Alena tak menentu. Apakah Alena bisa tetap setia, atau memilih Khaidir sebagai pendamping hatinya?


Buku ini bukan buku pertama karya Ifa Avianty yang saya baca. Sebelumnya saya sudah pernah mencerna buku Facebook on Love. Ciri khas fiksi reliji karya Ifa secara umum tak beda jauh dengan karya penulis fiksi relijius lainnya. Kalau saya bilang tak ada yang istimewa dari buku ini. Meski demikian, saya tersihir oleh deskripsi ibadah haji yang dituliskan, membuat saya memimpikan datang ke rumah suci-Nya. 

Yang patut disayangkan, adalah terlalu banyaknya percakapan menggunakan kalimat berbahasa inggris. Bukan tak dapat mencerna artinya, tetapi rasanya seperti membaca buku terjemahan saja. 

Saya mengkategorkan buku ini sebagai bukan buku yang istimewa, namun tidak jelek-jelek amat. Karakteristik seperti Alena, Khaidir, Haikal masih mudah kita temui dalam berbegai cerita fiksi, runtutna ceritanya pun biasa-biasa saja, tapi sebagai ilmu, buku ini menmabahkan pengetahuan saya terhadap ibadah haji dan keadaan Mekkah. Sebuah nilai yang tak boleh dilupakan.

1 komentar:

  1. mastez bacaannya beragam banget yaa..mulai dari klasik, buku2 jepang, sampe buku2 romance juga dilahap :D

    BalasHapus