Selasa, 30 Juli 2013

Shin Suikoden #2

Judul: Shin Suikoden Vol 2
Penulis: Eiji Yoshikawa
Penerjemah: Jonjon Johana
Penerbit: Kansha Books
Cetakan: I, April 2012
Jumlah Halaman: 468
ISBN: 9786029719642

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Shin Suikoden vol. 1. Masih berkisah tentang petualangan 108 pendekar, Yoshikawa kali ini semakin intens mengenalkan tokoh-tokoh baru dalam buku ini. Ada Sou Kou Mei yang menjabat sebagai sekretaris kabupaten yang memikirka kesejahteraan masyarakatnya. Bu Shou yang dapat mengalahkan harimau yang ditakuti penduduk desa, serta Shin Mei, petugas kemanan yang justru menjadi buronan.

Sebagaimana kisah yang diceritakan di buku pertama, Eiji Yoshikawa berhasil menggunakan kata-kata yang sederhana. Meskipun banyaknya tokoh yang terlibat dalam buku ini, menurut saya menjadi kendala untuk menikmati buku ini, namun kekuatan kesederhanaan kata membuat buku ini terasa nikmat dibaca.

Kita akan membaca bagaima satu demi satu tokoh 108 pendekar mulai bermunculan, berinteraksi satu-satu sampai berkumpul sedikit demi sedikit ke bentang Ryou Zan Paku, tempat persembunyian ke 108 pendekar tersebut bersama tentara dan harta kekayaan. Meski dalam buku ini masih intens terhadap cerita anggota baru, isinya tak lepas dari keseluruhan kisah, petualangan 108 pendekar menghadapi kekuasaan korup pemerintah kerajaan.

Pergerakan Ryou Zon Paku sebagai gerakan antipemerintah cukup membesar, mengingat ketidakadilan dan kesewenang-wenangan pejabat pemerintah semakin besar. Meski bekisar pada pengenalan tokoh-tokohnya, buku ini mulai terlihat fokus ceritanya, dan semakin mendekati klimaks ceritanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar