Selasa, 30 Juli 2013

Shin Suikoden #3

Judul: Shin Suikoden Vol 3
Penulis: Eiji Yoshikawa
Penerjemah: Jonjon Johana
Penerbit: Kansha Books
Cetakan: I, Mei 2013
Jumlah Halaman: 416
ISBN: 9786021796139


Ryou Zan Paku bergejolak! Pasukan yang ingin merebuh Ji Shen yang tertangkap oleh keluarga Shuku Chou Bu, di bawah pimpinan Sou Kou Mei, mengalami kegagalan demi kegagalan. Justru di bagian ini lah saya benar-benar menyukai kisah tentang Pendekar 108 yang diangkat oleh Eiji Yoshikawa dalam buku Shin Suikoden ini.

Di volume ketiga buku ini, kisah tak hanya sekedar mengenalkan kiprah awal para pendekar ketika bergabung dalam Ryou Zan Paku, sebuah pergerakan menghadapi pemerintahan yang kelam, di mana ketidakadilan dan kesewenang-wenangan pejabatnya samakin melunjak. Klimaks perlawanan yang dilakukan oleh Ryu Zan Paku pada buku bagian ketiga ini sudah mulai terasa. Dan kisah ini begitu mulus diangkat oleh Yoshikawa dalam kisah yang khas, kalimat sederhana, namun kaya akan goresan kata yang menakjubkan.

Kisah kegagalan-kegagalan Sou Kou Mei juga diramaikan dengan keteledoran Ri Ki, salah satu anggota Ryou Zan Paku. Bagian Ri Ki ini juga membuat kisah semakin menarik dengan semakin tak terduga jalannya cerita. Karena di buku ini semakin terasa bahwa Ryou Zan Paku semakin merasakan halangan-halangan demi tercapainya tujuan mereka.

Eiji Yoshikawa, menurut saya adalah penulis yang handal. Dalam buku ini, dia berhasil merangkai kisah dalam kata-kata yang kuat, sederhana, namun tak kehilangan esensi. Meski hanya dalam bentuk penceritaan ulang, sepanjang buku saya tak merasa bosan olehnya. Apalagi ketika kita memulai dari buku pertama, akan terasa panjangnya kisah, namun Yoshikawa, menurut saya berhasil membuat kisah secara runtun dan tak membonsankan. Padahal dengan banyaknya tokoh yang diceritakan, berpotensi membuat bingung pembacanya. 

Tak pelak, saya menyukai buku ini, dan akan menunggu kelanjutannya. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar