Sabtu, 03 Mei 2014

Sepotong Kata Maaf

Judul: Sepotong Kata Maaf
Penulis: Yunisa KD
Editor: Anin Patrajuangga
Penerbit: Grasindo
Cetakan: I, 2013
Jumlah Halaman: 300
ISBN: 9786022511328

Lisa Hisman, mungkin meenjadi orang yang tak diinginkan hidup bagi pasangan Jeremy Soebroto dan Dewi Saraswati Galuh Oetomo. Keganjenan Lisa pada acara pernikahan Jeremy dan Dewi membuat Dewi berang dan menuntut permohonan maaf dari Lisa. Namun perkataan maaf tak meluncur sekali pun dari mulut Lisa. Hanya ada perkataan maaf dari Armand, pasangan Lisa, namun itu pun ditolak oleh Dewi dan Jeremy, sampai ketika Arman terpaksa menggunakan akun email Lisa untuk mengucapkan maaf, tak ada kata memaafkan dari Dewi.

Puncaknya adalah ketika Lisa dan Arman tewas terbunuh karena bom yang meledak di gereja saat pernikahan mereka, Jeremy dengan mesin waktunya meluncur ke dimensi sebelumnya untuk mencegah tewasnya orang lain yang lebih banyak bukan tewasnya Lisa. Jeremy pergi ke berbagai dimensi, untuk menyaksikan Lisa meninggal dengan cara yang berbeda.


Well, sudah menjadi rahasia umum bagi beberapa pembaca, kalau asal cerita dalam buku ini bersumber dari kehidupan pribadi sang penulis. Patut disayangkan, kebencian yang berlebihan justru saya tangkap dari buku ini. Terlalu kekanak-kanakan. Memang sifat ganjen itu salah tapi sampai 'mematikan' orang karena menolak untuk minta maaf sampai berkali-kali? Mhhh, saya nggak yakin kalau apa yang dilakukan penulis lebih bermartabat.

Ditilik dari isi buku, saya akui, lebih baik ketimbang buku sebelumnya yang pernah saya baca, Memory and Destiny. Tapi saya menangkap, penulis di buku ini tak kurang lebih sering mengungkap rasa narsis yang berlebihan, sampai sosok Jeremi, sang suami pun dibuat "bodoh" sampai dalam hal-hal yang sepele, ketika membandingkan dengan sosok Dewi di buku ini.

Tak ada yang benar-benar menarik dari buku ini. Covernya pun saya rasakan nggak match dengan isi cerita. Juga yang saya bingung adalah ketika Jeremi melakukan perjalanan dengan chip mesin waktu, kemana Jeremi di dimensi yang didatangi Jeremi dari dimensi pertama.

6 komentar:

  1. yeay. Mesin waktu!! si penulis pasti cinta banget sama doraemon :p

    BalasHapus
  2. Seganjen apa si Lisa d weddingnya Dewi smpe gk mw minta maaf? Trz kok Dewi gk mw maafin stl suami Lisa minta maaf..yg ganjen gantian sapa sih? #keponyaripinjeman xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih nggak se-kepo itu, Mba Dani. Habisnya kayaknya sih dangkal yah. Masa ga bisa memaafkan, dan karena hal sepele (ganjen) doang pula. Percuma aja baca kalo ga ada pesan moral yg bisa dipetik...oke fix ga usah di baca aja deh ^^ wkwk

      Hapus
  3. hanya gara2 itu gak bisa maafin? gak ada alasan yang lebih nendang lagi kah?

    BalasHapus
  4. Apa iniiiii.. reviewnya kurang panjaaaaaang #emothantu . Yang detail dong Ka Tezar :)))

    BalasHapus
  5. Ooooooowh...

    Presiden Kesasar

    BalasHapus