Selasa, 26 November 2013

Anne of Green Gables

Judul: Anne of Green Gables
Penulis: L.M. Montgomery
Penerjemah: Maria Masniari Lubis
Penerbit: Qanita
Jumlah Halaman: 516
 Cetakan: III, Maret 2009
ISBN: 9789793269863
"Jangan kehilangan seluruh sifat romantismu, Anne," dia (Matthew) berbisik dengan malu-malu, "sedikit sifat romantis adalah hal yang baik-jangan terlalu banyak, tentu saja-tetapi, tetaplah pelihara sedikit, Anne, peliharalah sedikit sifat romantismu." [hal 383]
Promosi yang muncul di cover buku ini biasanya membuat saya tertarik akan sebuah buku. Tulisannya; Novel klasik yang mengalahkan Harry Potter, To Kill a Mockingbird, dan Gone with the Wind, membuat saya penasaran, seberapa baguskah buku ini? Kebetulan beberapa saat belakangan ini saya beberapa kali menikmati bacaan klasik dan bisa menikmatinya.

Anna Shirley beruntung. Di kala Cuthbert bersaudaram Matthew dan Marilla, menginginkan anak angkat lelaki dari panti asuhan untuk membantu lahan pertanian mereka Green Gables, justru sosok dialah yang datang akaibat kesalahpahaman membawa pesan. Hampir dipulangkan kembali, Anne justru berhasil memikat Marilla dengan pembawaannya yang ceria dan keinginannya untuk selalu berimajinasi. Dan selanjutnya Anne akan memusingkan Marilla dengan imajinasinya. 

Tapi jangan sebut dia dengan panggilan wortel karena rambut merahnya. Niscaya Anne akan marah. Gilberth Blythe, teman sekolahnya sudah merasakan kemarahan Anne sampai dipukul dengan batu tulis. Tapi pada dasarnya Anne adalah orang yang baik. Keceriannya bisa membuat orang lain menjadi tertarik dengan imajinasinya. Dan inilah yang membuat buku ini menjadi berkesan bagi saya.

Iya, saya percaya buku ini sangat bagus. Meski tak selalu setuju dengan apa yang dilakukan Anne, kisah Anne of Green Gables benar-benar memikat saya. Saya awalnya memang terganggu dengan kalimat panjang lebar ala Anne, tapi sama seperti Anne yang berhasil memikat Marilla pada akhirnya, saya juga menjadi terpikat dengan Anne. Meski imajinasinya terkadang berlebihan, tetapi kisahnya tetaplah manis menurut saya.

Tak banyak karya klasik yang akan selalu menyenangkan bagi pembaca di berbagai kalangan dan usia. Saya rasa Anne of Green Gables adalah salah satu yang tak banyak itu.

2 komentar:

  1. Ahhhh suka sekali ma Anne dan Gilberth tentu saja ^^

    BalasHapus
  2. sampai mengalahkan to kill a mockingbird? *masukin list*

    BalasHapus