Sabtu, 16 November 2013

Pembunuhan di Pondokan Mahasiswa

Judul: Pembunuhan di Pondokan Mahasiswa
Judul Asli: Hickory Dickory Dock
Penulis: Agatha Christie
Penerjemah: Julanda Tantani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: IV, April 2013
Jumlah Halaman: 320
ISBN: 9789792294408

Mrs. Hubbard Lemon, adik dari Mrs. Felicity Lemon, sekretaris Poirot membawa Poirot ke sebuah kasus pencurian kecil-kecilan di sebuah pondokan mahasiswa di Hickory Road. Awalnya sepele, karena yang dicuri adalah benda-benda tak berguna dan murah semacam sepatu pesta, gelang, cicncin berlian yang ditemukan kembali di mangkok sup, dan benda-benda kecil lainnya. Namun misteri berkembang ketika salah satu penghuni asrama terbunuh, dan Poirot harus memutar sel-sel kelabunya untuk memecahkan pembunuhan itu, juga misteri pencurian kecil-kecilan tersebut.

Belum lagi sebuah pembunuhan terpecahkan misterinya, pemilik pondokan kemudian diketemukan tewas. 



Awalnya membaca buku ini saya agak kesulitan dengan banyaknya tokoh yang diangkat Agatha Christie dalam novel ini. Tak hanya jumlahnya, tetapi sifat dan karakter tokoh-tokohnya berbeda. Beruntung konsistensi Agatha dalam menulis buku ini tak membuat saya menjadi lebih pusing lagi, namun sayangnya banyak typo yang saya jumpai dalam buku ini.

Bicara mengenai misteri yang diungkap oleh Poirot, sayangnya menurut saya terlalu datar. Tak ada unsur kejutan yang bisa ditemui, berbeda dengan buku-buku karangan Madam Christie sebelumnya, meski memang saya gagal menebak siapa pelaku pembunuhan tersebut. Namun ciri khas Agatha Christie dalam mereka misteri yang memikat dalam novel ini tak terkurangkan. Apalagi seting cerita yang diangkat termasuk berbeda dengan kisah-kisah sebelumnya, pondokan mahasiswa.

Dan tentu saja bagi penggemar Agatha Christie, novel ini tak boleh dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar