Jumat, 29 November 2013

Anya's Ghost

Judul: Anya's Ghost
Penulis: Vera Brosgol
Penerjemah: Chris Saxon
Penerbit: Secondwind
Jumlah Halaman: 228
Cetakan: I, 2013
ISBN: 9786027662063

Hidup stres karena bentuk tubuh tak ideal serta garis keturunannya yang bukanlah berasal dari Amerika, Anya mengalami hidup sekolah yang (dia kira) memprihatinkan. Namun semua hidupnya berubah ketika dia jatuh tak sengaja ke sebuah lubang yang dalam, di mana dia bertemu dengan sesosok hantu yang sudah 90 tahunan terjebak di dalam lubang tersebut.

Ketika berhasil menyelamatkan diri, si hantu ikut terbawa karena tulang dari si hantu terbawa dalam tas Anya. Dan kemunculan hantu tersebut membawa keberuntungan buat Anya, dimana Anya berhasil dibuat mendekat dengan Sean, teman sekolahan Anya yang ditaksir oleh Anya, tetapi yang namanya hantu akan selalu menghantui kehidupan Anya. Bentuk kengerian apa yang dilakukan oleh si hantu?


Anya's Ghost merupakan graphic novel yang menggambarkan akulturasi siswa keturunan non America yang harus menghadapi perlakuan rasiaslis dari siswa asli Amerika. Dengan impiannya yang terpendam, kisah sehari-hari yang dibuat Vera Brosgol, cukup menunjukkan bagaimana siswa di Amerika menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi. Meski agak berbeda dengan masalah yang dihadapi remaja di Indonesia, cerita ini menggambarkan bagaimana gamangnya kehidupan remaja. Masa yang penuh pergolakan pemikiran dan keinginan.

Bukunya sendiri menurut saya, gambarnya cukup khas, berbeda dengan novel grafis yang lain. Satu nilai lebih. Sayang sarkastik di terjemahannya terasa sekali, meski nggak terlalu terganggu, mungkin tak semua pembaca suka dengan bahasa terjemahannya. Ceritanya mencekam tetapi kisahnya terlalu sepi, memang kelamnya terasa tapi sayang bagi saya merasa kurang.

2 komentar:

  1. akuuu #ngacungpalingdepan bener-bener gak suka bahasa terjemahannya. tapi katanya memang bahasa aslinya juga sama kasarnya ya... duuh.....

    BalasHapus
  2. sering liat ini di bukunya teman2, tapi karena judulnya udah ghost, kurang tertarik. serem baca kisah hantu :D

    BalasHapus