Senin, 29 Juli 2013

Where the Mountain Meets the Moon

Judul: Where the Mountain Meets the Moon
Penulis: Grace Lin
Penerjemah: Berliani M. Nugrahani
Penerbit: Atria
Cetakan: I, Noveber 2010
Jumlah Halaman: 262
ISBN: 9789790244603

Seberapa kuat sebuah dongeng bisa merubah karakteristik seorang anak? Berkat dongeng yang sering dituturkan oleh Ba, Min Li tertarik untuk mengubah nasib desanya, sebuah desa gi Gunung Nirbuah yang kekeringan. Dongeng sang ayah selalu mengantarkan Min Li pada imajinasi berpetualang mencari Kakek Rembulan, orang yang tahu segalanya, di mana Min Li berharap bisa menanyakan bagaimana caranya desanya bisa berubah nasibnya. Namun tantangan datang dari Ma, ibunya, yang tidak mempercayai dongengannya tersebut.

Namun, akhirnya Min Li memutuskan berpetualang. Petualangan tersebut diawali ketika ia membeli seekor ikan mas, yang ternyata bisa bicara. Si ikan mas menunjukkan jalan untuk mencari Sang Kakek Rembulan. Di perjalanan ia akhirnya bertemu dengan seekor naga. Naga tersebut akhirnya menjadi teman Min Li dalam berpetualang, berusaha menemukan jawaban dari pertanyaan yang mengendap di kepalanya. 

 

Grace Lin mengangkat buku ini dari berbagai kisah dongeng legenda yang berasal dari negeri China. Sebagaimana dongeng yang sudah melegenda, kisah yang ditulis ini menurut saya memikat. Kisahnya sederhana, meski bahasanya tak terlalu sederhana. Pengembangan ceritanya memikat, karena Grace Lin menambahkan kisha-kisah yang membawa perjalanan Min Li sampai bertemu dengan Sang Kakek Rembulan.

Kisah naganya sendiri cukup sederhana, tak seperti kisah naga dalam berbagai kisah fantasi. Tak perlu mengkerutkan kening. Pesan moralnya pun ada. Buku ini cocok buat anak-anak buat mengembangkan semangat menjelajah. Bahwa impian itu bisa dicapai. Dan tutur katanya memang cocok untuk anak-anak.

5 komentar:

  1. saya bayangin ini rada mirip2 moribito :3

    BalasHapus
  2. ini kalo ga salah dapet newbery juga ya? pengen baca euuuy...penerjemahnya salah satu favoritku :D

    BalasHapus
  3. aku suka sama buku ini, bukan hanya ceritanya, tapi juga kertasnya, gambar-gambarnya dan baunya wangi

    BalasHapus
  4. Ini kisah dalam kisah, dgn ilustrasi yang indah, dan layak dikoleksi serta dibaca. Good book. Salah satu buku pertama yg kubaca saat aku mulai meninggalkan nonfiksi menuju ke fiksi LOL

    BalasHapus
  5. aq baru selesai baca, ternyata sedikit beda dengan bayangan awal, tapi hasilnya bagus :D suka dengan ilustrasinya

    BalasHapus